Menterjemahkan

Kamis, 06 Desember 2012

Setting Wireless IP Camera pada Jaringan Speedy di Rumah



1.       Hubungkan Wireless IP Camera ke Jaringan Speedy rumah,  seperti Gambar di bawah ini :


2.         Instal Software IP Camera Player (OCX Setup) berikut :


Apabila proses instalasi berhasil, akan muncul pesan berikut ini :


Klik OK untuk melanjutkan.

3.    Jalankan Software IP Camera  Search tool  berikut  untuk menemukan IP Address dari Wireless IP Camera:


Selanjutnya akan muncul hasil pencarian IP address dari IP Camera seperti Gambar berikut :


Apabila sudah bisa diketahui IP Address dari IP Camera, maka kabel UTP yang menghubungkan IP Camera dengan Wireless ADSL2+ Modem Router dapat dilepas.

Dari Gambar di atas pada Equipments diketahui, IP Address dari IP Camera adalah 192.168.1.99, HTTP Port : 99, dan alamat web (pada Inner access) : http://192.168.1.99:99

4.         Mengakses atau mengoperasikan Wirekess IP Camera

Mengakses atau mengoperasikan  Wireless IP Camera dilakukan dengan Notebook WiFi menggunakan Browser Internet Explorer dengan cara memasukkan alamat :http://192.168.1.99:99 pada URL Address Internet Explorer seperti Gambar berikut :


·      Klik à atau tekan tombol Enter. Selanjutnya diminta untuk mengisi Username danPassword seperti Gambar berikut :


·      Isi Username dengan admin dan Passwoed dikosongkan.
·      Klik OK.

Selanjutnya akan muncul pilihan Mode yang akan digunakan mengoperasikan Wireless IP Camera seperti Gambar berikut :


·     Klik Sign in pada ActiveX Mode (For IE Browser) apabila menggunakan Browser Internet Explorer; atau Server Push Mode (For FireFox, Google Browser) apabila menggunakan Browser Firefox atau Google Chrome; atau Mobile Mode apabila menggunakan Tablet PC atau Mobile Phone.

Untuk contoh dalam tulisan ini menggunakan Browser Internet Explorer (sesuai rekomendasi dari Pabrikan Wireless IP Camera tersebut agar semua fitur pengendalian Wireless IP Camera dapat berfungsi dengan baik).

Selanjutnya muncul Main Menu Interface Operation seperti Gambar berikut :




Pergunakan Interface Operation sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk mengoperasikan Wireless IP Camera menera Objek yang ingin kita lihat dari jarak jauh.

5.         Setting Wireless IP Camera pada Jaringan Speedy di Rumah

Agar Wireless IP Camera dapat menyatu dengan jaringan Speedy di Rumah, maka perlu dilakukan setting Wireless IP Camera dengan cara sebagai berikut :

·     Pada menu Interface Operation (Gambar di atas di bagian kanan bawah), klik Device Status sehingga akan muncul menu Device Status seperti pada Gambar berikut :


·    Klik pada menu Wireless Lan Settings. Selanjutnya akan muncul Wireless Lan Settingsseperti Gambar berikut :


·    Klik tombol Scan apabila pada Wireless Network List masih kosong. Jaringan WiFi yang terjangkau oleh Notebook yang digunakan untuk setting Wireless IP Camera akan tampak pada Wireless Network List.

Sebagai contoh yang akan digunakan untuk menempatkan IP Camera ini adalah jaringan Speedy rumah dengan nama (SSID) : WiFi_ku. Untuk itu, pada SSID diisi : WiFi_ku.

·     Klik Submit. Selanjutnya IP Camera akan melakukan Reboot. Tunggu sekitar 30 detik hingga IP Camera siap dioperasikan.

Dengan demikian, IP Camera akan dapat dioperasikan menggunakan Komputer Desktop atauNotebook atau Mobile Phone yang tergabung dalam jaringan WiFi Speedy di Rumah.


31 komentar:

  1. mas harus pke kabel utp ya dri kamera ke hub??? bukannya wifi lngsung gtu ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai yang direkomendasikan dalam User Manual-nya, untuk "pertama kali" menginstal Wireless IP Camera pada Jaringan Lokal (LAN), Wireless IP Camera harus dihubungkan langsung ke Ethernet Input pada Router menggunakan Kabel UTP yang disertakan, agar Jaringan (bukan Notebook WiFi) dapat menemukan/mengenali Wireless IP Camera tersebut (untuk menjamin tidak ada IP Conflict).

      Setelah diketahui IP Address dan HTTP Port-nya, kabel UTP harus dilepas.

      Catatan : Untuk beberapa produk Wireless IP Camera, di bagian bawahnya biasanya ditempel catatan mengenai :
      - Factory IP misal : http://192.168.1.99:99
      - User : misal admin
      - Password : misal none (dikosongkan)

      Bagi teknisi yang sudah mahir, tentu tidak melalui prosedur tersebut, akan tetapi langsung merubah IP default-nya disesuaikan dengan IP Wireless Router-nya, termauk mengganti SSID, User dan Password-nya.

      Hapus
  2. permisi, nubi numpang tanya.
    begini. saya baru beli ip cam. nah kebetulan dirumah infrastrukturnya adalah -> kabel lan firstm*dia disambungkan ke ruter wifi HAME A1. kebetulan wifi ini digunakan untuk keperluan internet rumah sehari-hari.
    Saat saya koneksikan ke ruter hame wifi , ip cam ini bisa mengetahui bahwa dirumah ada jaringan wifi. anehnya saat dikonek dan saya cek statusnya, dikatakan ip cam tidak terhubung ke wifi.

    apakah berarti saya harus membuat infrastruktur wifi lagi diantara wifi hame dengan kamera ? sehingga kira2 gambaran infrastrukturnya sbb : internet firstm*dia - wifi hame - wifi ruter - ip camera.

    mohon bantuannya. terima kasih.

    regards,

    pocoyo-san

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Begini Mas atau Mbak Nubi (mohon maaf apabila salah sebut nama), asumsi saya, jaringan internetnya terdiri dari Modem Firstmedia (dengan 1 colokan kabel LAN)dan WiFi
      Hame (dengan 1 colokan kabel LAN).

      Padahal untuk setting WiFi IP Camera (apabila tipenya mirip dengan yang saya pakai) diperlukan satu lagi colokan kabel LAN yaitu untuk WiFi IP Camera.

      Untuk ini diperlukan bantuan Ethernet HUB atau Switch (bisa pinjam teman atau tetangga, asalkan cocok dengan modem Firstmedia-nya), minimal memiliki 4 colokan kabel LAN.

      Jadi, infrastruktur jaringan untuk setting IP Camera adalah sebagai berikut :
      - Modem Firstmedia dihubungkan ke Ethernet Hub atau Switch menggunakan kabel Ethernet (Cross)
      - Satu colokan kabel LAN pada Ethernet Hub atau Switch dihubungkan ke colokan kabel LAN pada WiFi Hame (Catatan : WiFi Hame difungsikan sebagai Mini Access Point dengan APN otomatisnya. Caranya lihat di buku manualnya)
      - Satu lagi colokan kabel LAN pada Ethernet Hub atau Switch dihubungkan dengan colokan kabel LAN pada WiFi IP Camera menggunakan kabel LAN bawaan dari pabriknya.

      Lakukan proses setting IP Camera menggunakan WiFi Notebook.
      Ikuti Langkah nomor 2 pada tulisan diatas hingga selesai.

      Apabila selama proses setting WiFi IP Camera banyak mengalami hambatan mungkin disebabkan adanya perubahan konfigurasi Factory Defaultnya akibat kesalahan setting sebelumnya. Untuk itu perlu dilakukan Reset Wifi IP Camera ke konfigurasi Factory Defaultnya.

      Apabila setting WiFi IP Camera berhasil, maka kembalikan lagi infrastruktur jaringan ke posisi semula, yaitu Modem Firstmedia disambungkan langsung ke WiFi Hame (sebagai Mini Access Point) menggunakan kabel LAN. Ethernet Hub atau Switch tidak diperlukan lagi.

      Lakukan test unjuk kerja WiFi IP Camera pada jaringan infrastruktur. Pastikan APN pada WiFi Hame sudah sesuai dengan APN pada saat setting (tidak mengalami perubahan).

      Selamat mencoba.

      Hapus
  3. Permisi Mas Zain, saya numpang nanya.
    mungkin agak melenceng dikit dari pembahasan.
    Saya mau menggunakan camera parkir wireless pada mobil. Hanya saja saya ingin menggunakann android sebagai layarnya. Sedangkan kamera parkir wireless yang dijual di pasaran tidak menggunakan internet dan tidak mencantumkan IP adressnya.
    Bisakah saya menjadikan hp android saya sebagai receiver sehingga gambar yang muncul ada di hp android saya.
    Terima kasih mas sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyaannya. Mohon maaf sangat terlambat merespon karena harus menemukan kembali wireless camera yang sudah lama tersimpan.
      Mungkin yang dimaksud disini adalah camera parkir wireless yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2.4 GHz dengan jack AV output pada receivernya. Kalau asumsi ini benar, berarti HP android yang bisa digunakan sebagai monitor harus mempunyai port AV in.
      Untuk memperoleh jawaban yang meyakinkan atas pertanyaan sejenis ini, silakan simak di :

      http://www.cctvforum.com/viewtopic.php?f=1&t=26733

      Saya sarankan untuk menggunakan kamera parkir wireless yang menggunakan WiFi (tidak perlu internet) atau Bluetooth.

      Demikian jawaban dari saya, semoga bisa dimengerti.

      Hapus
    2. Saya Husain..
      nanya mas.. saya punya IP Kamera SPC, sebelumnya saya gunakan software yousee dengan koneksi wifi astinet lite, alhamdulillah lancar, tapi setelah ganti ke indi Home, koneksi cctv (ip kamera) bermasalah, setiap dikoneksikan maka jaringan akan langsung terputus dan tampil tulisan "Jaringan Error", mohon bantuannya gan..
      terima kasih.

      Hapus
  4. pasang CCTV kabel Murah dan berkwalitas di balikabel.co.id

    BalasHapus
  5. Permisi mas, numpang nanya. Bisa ga aplikasi untuk ip camera itu kita bangun dari nol menggunakan bahasa pemrograman php...?

    Minta tolong ya mas, klo bisa minta coding untuk koneksi php ke ip camera-nya..
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Ofelius Laia atas pertanyaannya.
      Pada prinsipnya bisa mengontrol IP Camera menggunakan PHP script, hanya saja saya belum sempat mempelajari dan menerapkannya.
      Silakan pelajari sourcecode-nya di :
      https://github.com/JohnKimDev/Security-IPCamera-Controller
      Atau kalau ingin mencoba mengoperasikannya, silakan kunjungi :
      http://107.170.59.150/foscam/SecureImageDisplayFI9826WUS.htm
      Untuk melihat sourcecode-nya silakan buka melalui menu "view source" :
      view-source:http://107.170.59.150/foscam/SecureImageDisplayFI9826WUS.htm
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Maaf Mas mau tanya, kenapa ya saya pasang IP Wifi Cam type S5001Y-W selalu offline terus padahal tahapannya sudah benar, menggunakan aplikasi P2PWIFICAM tidak bisa connect dan akhirnya saya kembalikan lagi ke Lazada untuk diganti. Dan bagimana cara settingya jika menggunakan modem MIFI Huawei E5330, mohon pencerahaanya

    BalasHapus
  7. kl kabel utp dicabut dc lagi kenapa yah?

    BalasHapus
  8. Salam kenal mas, saya agung, saya baru saja beli ipcam merek escam dengan seri qd300 wifi. permasalahannya adalah tidak bisa konek p2p . pdhal posisi ipcam sudah on dan sy sudah install aplikasi p2pwificam sperti petunjuk . namun selalu offline kameranya.. mohon petunjuk.

    BalasHapus
  9. Salam kenal mas, saya agung, saya baru saja beli ipcam merek escam dengan seri qd300 wifi. permasalahannya adalah tidak bisa konek p2p . pdhal posisi ipcam sudah on dan sy sudah install aplikasi p2pwificam sperti petunjuk . namun selalu offline kameranya.. mohon petunjuk.

    BalasHapus
  10. salam kenal mas.
    saya rencana mau beli ip camera, cuma yang saya bingungkan hasil record ip camera ini tersimpan dimana ya? apa harus saya beli DVR buat nyimpan hasil recode ip camera-nya?

    BalasHapus
  11. salam Kenal Mas...
    kalau mau setting IP Camera bisa tersambung internet, sehingga bisa di lihat dari tempat lain, bagaimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca artikel diatas, sudah dijelaskan dengan baik mas...

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Salam kenal maszein,

    Mohon pencerahannya saya sudah membeli :
    CYBO P2P ONVIF Wifi 2MP Megapixel Wireless IR Network IP camera 1080P HD Outdoor Video surveillance security camera SD Card slot

    Tapi bagaimana cara pemasangannya bagaimana
    apakah harus pakai speedy
    apakah harus pakai router

    Demikian terimakasih
    salam
    m.alwi

    BalasHapus
  14. Salam saya mau nanya bisakah ip cam dipantau ditempat yg berbeda pakai pc .mohon petunjuknya terima kaaih

    BalasHapus
  15. Salam saya mau nanya bisakah ip cam dipantau ditempat yg berbeda pakai pc .mohon petunjuknya terima kaaih

    BalasHapus
  16. device sy setelah upgrade malah ga berfungsi mohon solusinya

    BalasHapus
  17. Mas Zain,

    Apakah bener?: "IP Camera dpt di-set up dulu di Jakarta, baru dipasang di kota lain."

    Tksh,
    Indra

    BalasHapus
  18. Salam kenal Om, mau tanya tentang koneksi nya, seandainya ipcam gk pakai kabel lan gimna? jadi ipcam di koneksikan ke router via wireless apakah bisa?

    BalasHapus
  19. bos, ocx setup itu ada linknya gak?

    BalasHapus
  20. bagaimana cara setting CCTV wireless, yg koneksinya ke hotspot dari mikrotik

    BalasHapus
  21. Mlm mz mau tanya maaf saya baru saja beli spy cam wifi tapi koneksi nya kurang kuat harus deket spy cam wifi baru sinyal nya kuat mohon solusi nya makasih

    BalasHapus
  22. Pak saya mau tanya,kenapa ya ip camera wireles punya saya kadang kadang disconect padahal router wifi dirumah cukup dekat dgn ip kamera.
    Biasanya saya putuskan sambungan listrik ke kamera lalu saya hidupkan lagi nanti dia conect lagi.setelah itu satu jam kemudian disconet kembali padahal sinyal wifi cukup kuat.

    BalasHapus
  23. aplikasi OCX setup saya gak nemu di google juga ya. ada yg bantu cari link nya. trims

    BalasHapus
  24. Bang, klo kamera cctvnya bukan wireless tapi kabel utp.gimana settingya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus