Menterjemahkan

Kamis, 06 Desember 2012

Mengatasi Masalah Pesan Kesalahan (Code 39)


Mengatasi Masalah Pesan Kesalahan (Code 39)
(Windows cannot load the device driver for this hardware)


Apabila pada Komputer atau Notebook Anda Windows Xp/Vista/7 tidak dapat memunculkan drive DVD RW pada saat Anda memasukkan DVD/CD-ROM pada drive DVD RW Komputer atau Notebook Anda. Anda tidak usah hawatir. Mungkin tulisan ini adalah solusi terbaik untuk masalah Anda.
Gejala ini ditandai dengan adanya tanda ! (segitiga kuning) pada logo Komputer atau Notebook saat kita klik Devices and Printers (Win7) seperti Gambar berikut :


Atau pada saat kita membuka Device Manager (Klik Start – Control Panel – Hardware and Sound –Device Manager) tanda ! (segitiga kuning) terdapat pada CD-ROM Drive seperti pada Gambar berikut ini :



Apabila pada CD-ROM Drive kita buka Propertiesnya (klik kanan tombol Mouse – klik Properties), maka pada CD-ROM Drive Properties didalam Tab General terdapat pesan tertulis dalam Device status : “Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)” sebagaimana terlihat pada Gambar berikut :



Salah satu penyebab masalah tersebut adalah kerusakan atau ketidaklengkapan Registry pada Windows. Untuk mengatasinya harus dilakukan perbaikan pada Registry, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Sebelum Perbaikan Registry

Sebelum dilakukan perbaikan pada Registry, terlebih dahulu harus dilakukan :

1.  Uninstall beberapa Program yang berkaitan dengan penggunaan DVD/CD-ROM drive untuk burning, ripping, dan lain sebagainya (seperti : Nero, iTunes, IMGburn, dan lain-lain). Setelah drive DVD RW dapat terbaca oleh Windows dan berfungsi dengan baik, maka program-program tersebut dapat diinstall kembali.
  

2.  Membuat file cadangan (BACKUP) untuk Registry sebagai antisipasi apabila terjadi kesalahan fatal pada saat perubahan Registry. Caranya :

·       Klik Start
·   Pada Search Programs and Files ketik regedit, kemudian tekan tombol Enter atau klik regeditpada hasil pencarian seperti pada Gambar berikut ini :
  

Selanjutnya muncul Registry Editor seperti Gambar Berikut :


·      Klik File, klik Export….  seperti Gambar Berikut :


·    Simpan file backup misalnya di directory Local Disk (C:) dengan nama misalnya BACKUP.REGseperti pada Gambar berikut :


·      pada Export range pilih All,
·      klik Save.

Perbaikan Registry

Perbaikan Registry dilakukan dengan menggunakan Registry Editor dengan langkah-langkah seperti pada Gambar berikut :

  
1.    Pada jendela sebelah kiri Registry Editor,
·      klik > pada HKEY_LOCAL_MACHINE
·      klik > pada SYSTEM
·      klik > pada CurrentControlSet
·      klik > pada Control
·      klik > pada Class
·      klik pada {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

2.  Pada jendela sebelah kanan Registry Editor, setidaknya ada empat macam registry key yang sering muncul dan harus dihapus, antara lain :
·    LowerFilters
·    LowerFilters.bak
·    UpperFilters
·    UpperFilters.bak

Dalam kasus ini (Gambar diatas) terdapat satu registry key yang harus dihapus, yaitu :LowerFilters. Cara menghapusnya adalah :
·    Klik LowerFilters
·   Tekan tombol Delete pada keyboard. Selanjutnya akan muncul Confirm Value delete seperti Gambar berikut :


·   Klik Yes. Pastikan bahwa pada jendela sebelah kanan Registry Editor sudah tidak ada lagi keempat macam registry key tersebut.
·    Klik X pada pojok kanan atas Registry Editor untuk keluar dari Registry Editor.
·    Lakukan Restart pada Windows7.

Setelah Perbaikan Registry

Untuk mengetahui bahwa  hasil perbaikan Registry berhasil, kita lakukan pengecekan sebagai berikut :
·    Klik Devices and Printers seperti terlihat pada Gambar berikut :


Pada logo Komputer atau Notebook KOMPUTERKU sudah tidak ada lagi tanda ! (segitiga kuning).

·  Atau apabila kita membuka Device Manager (Klik Start – Control Panel – Hardware and Sound – Device Manager) maka pada CD-ROM Drive sudah tidak ada lagi tanda ! (segitiga kuning) seperti pada Gambar berikut ini :


·    Apabila pada CD-ROM Drive kita buka Propertiesnya (klik kanan tombol Mouse – klikProperties), maka pada CD-ROM Drive Properties didalam Tab General terdapat pesan tertulis dalam Device status sudah berubah dari : “Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)” menjadi “This Device is working properly” sebagaimana terlihat pada Gambar berikut :


·   Untuk selanjutnya bisa dilakukan ujicoba dengan memasukkan CD/DVD-ROM berisi data pada drive DVD RW. Hasilnya tampak seperti pada Gambar berikut :


Terlihat bahwa pada jendela sebelah kiri DVD RW Drive (D:) sudah bisa terbaca oleh Windows7 dengan nama DVD RW Drive (D:) DV-H5, dan pada jendela sebelah kanan terdapat beberapa file yang terdapat dalam DVD DV-H5 tersebut.


7 komentar:

  1. wah terimakasih mas caranya berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali atas kunjungan dan komentarnya di blog ini, selamat dan sukses selalu.

      Hapus
  2. kalo driver bluetooth notebook hp 430 gmn gan?

    BalasHapus
  3. kalo yg bermasalah seperti itu modem gimana gan?

    BalasHapus
  4. makasih byk gan...sukses slalu...

    BalasHapus
  5. walk blog makasih gan bermanfaat dan sukses selalu

    BalasHapus
  6. wah caranya sukses mas.. makasi banyak..

    BalasHapus