Menterjemahkan

Senin, 17 Maret 2014

Presentasi Tanpa Kabel (Wireless Presentation)

Bagi kita yang profesinya presentasi didepan umum tentu sangat menginginkan perangkat presentasi yang praktis yang bisa dipakai bergerak dengan lincah ke segala penjuru audience sehingga presentasi itu terkesan sangat akrab, sangat menarik, komunikatif dan tidak membosankan bagi presenter maupun audience. Salah satu caranya adalah menggunakan Smartphone atau Tablet  yang terhubung ke LCD Projector menggunakan sambungan WiFi atau dikenal sebagai presentasi tanpa kabel.   

Presentasi tanpa kabel adalah presentasi menggunakan gadget (Notebook, Netbook, Smartphone, Tablet PC, dan lain-lain) yang dihubungkan ke LCD Projector melalui WiFi. Untuk ini maka gadget dan LCD Projector harus mempunyai fasilitas koneksi WiFi, atau LCD Projector non-WiFi yang dihubungkan dengan perangkat presentasi WiFi yang dalam tulisan ini menggunakan wePresent WP-920. 

Setidaknya ada tiga macam cara presentasi tanpa kabel yaitu :

Cara pertama adalah presentasi menggunakan WiFi Projector, yang untuk saat ini harganya masih relatif lebih mahal

Cara kedua adalah presentasi menggunakan LCD Projector non-WiFi dengan cara menambahkan perangkat presentasi WiFi yang saya gunakan di dalam tulisan ini adalah wePresent WP-920

Cara ketiga adalah presentasi menggunakan LCD Projector non-WiFi yang dihubungkan dengan Komputer atau hanya Komputer yang dihubungkan dengan TV Digital layar lebar misalnya 50 Inch dan diinstal software MirrorOp Receiver. Cara ini hanya terbatas untuk presentasi menggunakan Smartphone atau Tablet.

Tulisan ini akan lebih fokus pada ulasan mengenai cara melakukan presentasi tanpa kabel. Segala hal yang berkaitan dengan keunggulan, kekurangan, setting serta instal utility wePresent WP-920 sengaja tidak disertakan dalam tulisan ini karena sudah ada dalam brosur dan user's manual-nya.

Berdasarkan model jaringannya, maka presentasi tanpa kabel menggunakan wePresent WP-920 ini bisa dibagi menjadi dua :

Presentasi tanpa kabel dengan model jaringan Ad-HocYaitu presentasi tanpa kabel dengan cara menghubungkan langsung komputer atau gadget dengan wePresent WP-920 melalui WiFi. Presentasi dapat dilakukan langsung tanpa melalui setting wePresent WP-920 terlebih dahulu.

Gambar 1 wePresent WP-920 dan Gadget dihubungkan sebagai jaringan Ad-Hoc

Presentasi tanpa kabel dengan model jaringan InfrastructureYaitu presentasi tanpa kabel dimana wePresent WP-920 berfungsi juga sebagai Access Point yang dihubungkan dengan kabel LAN atau melalui WiFi ke Wireless ADSL 2+ Modem Router yang terhubung langsung ke Internet. Disini Komputer atau Gadget yang terhubung ke wePresent WP-920 selain untuk presentasi juga sekaligus bisa terhubung langsung ke Internet. Sehingga bisa mempresentasikan content di internet secara langsung. Untuk ini maka harus dilakukan setting wePresent WP-920 terlebih dahulu.

Gambar 2 wePresent WP-920 dan Gadget dihubungkan sebagai jaringan Infrastructure

Setting wePresent WP-920 untuk Jaringan Infrastructure

Setting wePresent WP-920 dilakukan menggunakan Desktop PC atau Notebook yang ada perangkat komunikasi Wi-Fi-nya. Caranya adalah :
  • Hubungkan wePresent WP-920 dengan LCD Projector, Amplifier dan TV digital layar lebar (apabila dibutuhkan) seperti Gambar berikut :
Gambar 3 wePresent WP-920 dan Perangkat pendukungnya
  • Nyalakan wePresent WP-920 beserta perangkat pendukungnya hingga di layar tampak seperti Gambar berikut
Gambar 4 Layar Proyeksi Factory default wePresent WP-920
  • Pada layar terdapat beberapa keterangan yang diperlukan untuk proses setting wePresent WP-920 sesuai Factory Default-nya, diantaranya adalah Login Code : 1087; Server IP : 192.168.100.10 dan SSID : wePresentLakukan koneksi ke wePresent WP-920 menggunakan Notebook melalui WiFi dengan prosedur seperti Gambar berikut
Gambar 5 Koneksi Notebook ke wePresent WP-920 melalui WiFi 
  • Buka Web Browser. Dalam tulisan ini menggunakan Google Chrome dan lakukan setting wePresent WP-920 melalui web dengan cara mengetikkan Server IP yang tampak di layar, yaitu http://192.168.100.10 seperti pada Gambar berikut :
Gambar 6 Memulai setting wePresent WP-920 melalui web
  • Tekan tombol Enter untuk melanjutkan. Setelah beberapa detik kemudian muncul halaman wePresent WP-920 di layar Komputer seperti Gambar berikut
Gambar 7 Masuk halaman setting wePresent WP-920 melalui menu Admin
  • Klik menu Admin untuk memasuki halaman wePresent > Admin
Gambar 8 Login wePresent WP-920
  • Isi User Name dengan admin dan isi Password dengan admin. Klik Login. Selanjutnya muncul jendela Setting 
Gambar 9 Setting wePresent WP-920 sebagai Access Point
  • Langsung ke Wireless Setup. Pada Wireless LAN - pilih Enable. Pada Embedded AP SSID wePresent isi sesuai kesukaan, misalnya diisi Kantorku, dan pada SSID Broadcast, pilih Enable.
  • Langsung ke Ap Client. Pada Connect to Existing AP pilih Enable, dan pada Existing AP SSID isi dengan SSID Existing Access Point yaitu Wireless ADSL2+ Modem Router dengan SSID Kantorku.
  • Klik Apply. Tunggu beberapa detik hingga wePresent WP-920 selesai melakukan restart.
Apabila proses setting berhasil, maka wePresent WP-920 yang tergabung dalam jaringan Infrastructure ini dikenali dengan SSID wePresentKantorku.

Menghubungkan Gadget ke wePresent WP-920 melalui WiFi

Sebelum melakukan presentasi tanpa kabel menggunakan Komputer atau Gadget, pastikan Komputer atau Gadget sudah terhubung ke wePresent WP-920 melalui WiFi. Cara menghubungkan Gadget ke wePresent WP-920 melalui WiFi dapat dilihat pada animasi berikut :
Gambar 10 Koneksi Gadget ke wePresent WP-920 melalui WiFi

Menghubungkan MirrorOp Sender dan Mobishow ke wePresent WP-920

MirrorOp Sender adalah aplikasi presentasi tanpa kabel yang diinstal di Komputer atau Gadget. Khusus untuk Gadget Android, MirrorOp Sender hanya dapat diinstal di Gadget Android yang sudah di-ROOT. Untuk Smartfren New Andromax i, cara melakukan ROOT bisa dipelajari di http://zainms.blogspot.com/2013/09/root-new-smartfren-andromax-i-40-ad685g.html.

Selain itu aplikasi MirrorOp Sender adalah aplikasi berbayar, sehingga untuk dapat mempergunakannya dengan baik harus melakukan pembelian dan aktivasi terlebih dahu.

Selain MirrorOp Sender ada beberapa aplikasi gratis untuk mempresentasikan gambar, video, slide dan dokumen lainnya. Dalam tulisan ini juga akan memperagakan presentasi video, foto dan slide menggunakan Mobishow. Aplikasi MirrorOp Sender dan Mobishow untuk Android tersebut dapat didownload di GooglePlay.
  • Cara menghubungkan MirrorOp Sender ke wePresent WP-920 dapat dilihat pada animasi dan video berikut :
Gambar 11 Koneksi MirrorOp Sender ke wePresent WP-920


Video 1  Koneksi MirrorOp Sender ke wePresent WP-920
  • Cara menghubungkan Mobishow ke wePresent WP-920 dapat dilihat pada animasi dan video berikut :
Gambar 12 Koneksi Mobishow ke wePresent WP-920

Video 2  Koneksi Mobishow ke wePresent WP-920

Presentasi tanpa Kabel menggunakan MirrorOp Sender 

Berikut ada beberapa video presentasi tanpa kabel menggunakan MirrorOp Sender yang diinstal di Smartphone Android :
  • Mempresentasikan siaran olah raga CNN
Video 3  Presentasi Siaran Olah Raga CNN dengan MirrorOp Sender
  • Mempresentasikan pemberitaan Gunung Kelud Meletus di CNN
Video 4  Presentasi Berita Gunung Kelud Meletus di CNN dengan MirrorOp Sender
  • Presentasi menggunakan Gambar untuk memperjelas pokok bahasan
Video 5  Presentasi Menggambar dengan MirrorOp Sender
  • Mempresentasikan pemberitahuan adanya gempa bumi di suatu lokasi
Video 6  Presentasi Alarm Gempa Bumi di suatu Lokasi dengan MirrorOp Sender
  • Mempresentasikan foto
Video 7  Presentasi Foto dengan MirrorOp Sender
  • Mempresentasikan Game Angry Birds
Video 8  Presentasi Permainan Game Angry Birds dengan MirrorOp Sender

Presentasi tanpa Kabel menggunakan Mobishow 

Berikut ada beberapa video presentasi tanpa kabel menggunakan Mobishow yang diinstal di Smartphone Android :
  • Presentasi Video
Gambar 13 Presentasi Video dengan Mobishow

Video 9  Presentasi Video dengan Mobishow
  • Presentasi Foto
Gambar 14 Presentasi Foto dengan Mobishow


Video 10  Presentasi Foto dengan Mobishow
  • Presentation to Go PowerPoint
Gambar 15 Presentation to Go dengan Mobishow

Video 11  Presentation to Go dengan Mobishow

Selamat mencoba.


27 komentar:

  1. Mas Zain salam kenal nama saya Abdul saya boleh minta alamat email atau kontak yang bisa di hubungi ga? saya ingin bertanya mengenai postingan Robot penyortir warna (Komentarnya sengaja saya tulis disini/di postingan baru Mas Zain soalnya supaya bisa kebaca lebih awal... hehehehe). ditunggu ya replaynya

    salam
    Adul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Adul Smile (Abdul) atas kesediaannya ikut nimbrung di blog ini dan Salam Kenal kembali. Namun dengan berat hati saya sebelumnya mohon maaf apabila saya keberatan untuk memberikan alamat email atau kontak yang bisa dihubungi (melainkan hanya satu saja yang bisa dihubungi yaitu http://zainms.blogspot.com). Mengapa demikian? Karena saya ingin share sepenuhnya setiap posting yang ada di blog ini kepada halayak termasuk segala permasalahan yang ada untuk sama-sama kita ketahui dan diberikan solusinya. Banyaknya komentar/pertanyaan yang ada di setiap posting sangat berarti bagi saya untuk mengetahui bahwa suatu posting itu sangat diminati atau tidak diminati oleh halayak.
      Setiap komentar/pertanyaan untuk blog ini selalu masuk ke email di HH saya. Jadi saya berusaha seadil-adilnya untuk merespon setiap komentar atau pertanyaan sesuai tanggal komentar terdahulu. Soal lama tidaknya direspon tergantung tingkat kesulitan komentar/pertanyaannya dan kesibukan saya,
      Untuk ini saya mohon agar setiap topik komentar/pertanyaan disesuaikan dengan topik posting yang ada.
      Demikian Mas Adul Smile penjelasan saya, harap maklum adanya, jangan lupa untuk rajin bertamu di blog ini dan salam sukses selalu.

      Hapus
    2. download aplikasi apowermirror di smartphone dan pc/laptop, kita bisa mengendalikan powerpoint dengan tombol next atau previous di smartphone

      Hapus
  2. ass. wr wb....sya tertarik dengan presentasi wireless ini....satu hal lagi yang ingin saya ketahui kira2 bagaimana cara nya menggerakkan slide (berpindah slide) dalam presentasi kita secara wireless...apakah ada aplikasi yang bisa konek dengan wireless presenter yang banyak dijual...demikian trmksh atas perhatian bpk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum Salam Wr Wb, terimakasih kembali untuk Juragan Toko Laris atas pertanyaannya.
      Untuk berpindah slide (dalam PowerPoint) secara wireless bisa menggunakan software atau aplikasi Show Director (PowerPoint Remote Control) atau Smart Presenter masing-masing diinstal di smartphone android. Pada masing-masing aplikasi tersebut disertakan pula software (server) untuk diinstal di Notebook atau PC Windows yang sudah ada file PowerPoint (silakan baca deskripsi aplikasi tersebut di google play). Setelah dilakukan koneksi antara smartphone android dengan PC, maka slide (dalam PowerPoint) dapat dioperasikan menggunakan smartphone android secara wireless.
      Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi untuk maksud tersebut, silakan cari di google play dan mencobanya.
      Demikian penjelasan dari saya, semoga bisa dimengerti dan bermanfaat.

      Hapus
  3. Kalau pengen connectkan laptop dan ipad dengan wifi, dan laptop di sambungkan dengan LCD gimana mas???

    BalasHapus
  4. Terimakasih Mas Agung Deddiliawan atas pertanyaannya.
    - Pada iPad harus diinstal MirrorOp Sender untuk iPad. Program ini berbayar, kalau pakai yang edisi coba, biasanya suka terputus-putus. Silakan lihat dan download di :
    http://www.mirrorop.com/product_iOS_Sender.html
    - Pada Laptop harus diinstal MirrorOp Receiver. Program ini gratis. Silakan lihat dan download di :
    http://www.mirrorop.com/receivers/
    Silakan pilih sesuai OS Laptopnya.
    - Proses koneksinya hampir mirip dengan Gambar 11 dan Video 1 di atas, dengan cara hubungkan Laptop dan ipad masing-masing ke jaringan Infrastruktur dengan SSID yang sama melalui WiFi, aktifkan terlebih dahulu MirrorOp Receiver di Laptop, kemudian aktifkan MirrorOp Sender di Ipad, pilih IP address-nya, connect, dan seterusnya seperti Gambar 11 dan Video 1.
    Demikian penjelasan saya, selamat mencoba, semoga berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas bantuannya. Saya sudah masuk http://www.mirrorop.com/product_iOS_Sender.html. tapi itu hanya untuk ios yang jailbreak versi ios 4.0-5.0 sedangkan ipad saya tidak jailbreak dan iosnya versi 7.1.2.......mohon pencerahan

      Hapus
    2. Terimakasih Mas Agung Deddiliawan atas pertanyaannya.
      Saya sudah konsultasikan ke penyedianya. Memang untuk ios 7 yang jailbreak, masih ditemui kendala, dimana kolom login code-nya tidak mau keluar. Sepertinya belum support untuk ios 7 jailbreak, apalagi yang bukan jailbreak.
      Sekedar info, kalau sudah ada ios 7 jailbreak, aplikasinya ada di cydia.
      Demikian penjelasan saya, harap maklum.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih Clinic Genius atas kunjungan dan komentarnya di blog ini.

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum, pak Zain, menarik sekali tulisannya...perlu dicoba nih. Terima kasih atas ide dan ilmunya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam wr. wb. Terimakasih Ibu Emilia Bassar atas kunjungannya di blog ini. Sungguh merupakan kehormatan bagi kami mendapatkan kunjungan seorang pakar PR ternama yang saya kagumi dan saya hormati. Cara Ibu memaparkan materi seminar sungguh luar biasa, seluruh peserta seminar dengan penuh semangat mengikutinya. Semoga ini menjadi awal kebangkitan PR Pemprov. DKI Jakarta di era globalisasi dan demokratisasi.
      Tentu harapan kami paparan Ibu akan lebih jelas dan menarik jika didukung multimedia misalnya video pengalaman Ibu menerapkan trik-trik PR di lapangan yang menantang. Sekali lagi terimakasih atas kunjungan Ibu di blog ini.

      Hapus
  7. Salam mas zain, apabila hanya menggunakan we present tanpa aplikasi pihak ketiga bisa gak ? saya coba ad hoc antar laptop dan menggunakan MirrorOP , rupanya untuk sender sifatnya berbayar. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali Mas Charis Nurulhayat Sby, terimakasih atas pertanyaannya. Memang aplikasinya untuk Sender harus yang berbayar, karena hingga saat ini saya belum menemukan aplikasi yang gratis. Harganya sekitar Rp. 120.000,- (tergantung harga US$) bisa dilihat di https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=mirrorop+sender&sc=0
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  8. Bang zain untuk harga wireless nya berapa ya
    Trs keunggulan dan kekurangan nya apa aja
    Thanks tlg info nya ya bang zain

    BalasHapus
  9. Assalam walaikum pak Zain, saya Nelson. Saya mau menyambungkan tablet samsung S2 saya ke proyektor LG yang ada port VGA dan HDMI nya..saya beli port MHL to VGA and Audio Adapter...setelah saya sambungkan dengan proyektor LG tidak bisa terkoneksi...saya minta saran pak bagaimana dan alat apa yang dapat menyambungkan ke proyektor LG? Terima kasih pak..

    BalasHapus
  10. Kalau menyambung (mirroring) dari laptop ke lebih dari satu tablet?

    BalasHapus
  11. keren deh ilmunya ... bisa di coba nih ...
    tp adakah yg lebuh praktis ...
    biar nga menggunakan perangkat banyak, misalnya dari Hp aja

    BalasHapus
  12. Tks Mas Zain sangat membantu/nambah ilmu.

    BalasHapus
  13. Tks Mas Zain sangat membantu/nambah ilmu.

    BalasHapus
  14. MENARIK SEKALI, TINGGAL DUKUNGNYA

    BalasHapus
  15. Mas Zain, kalau kita pake Power Point 2016, cara menghubungi nya bagaimana yah? Soalnya kalau pake powerpoint kita bisa tau dan memilih file-file yang akan ditampilkan. ada 2 layar. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Pak, terima kasih sharenya pengetahuannya. Sangat berguna sekali untuk presentasi tanpa kabel yang ribet. Penjelasannya juga cukup detail dan jelas. Kalaupun ada yang kurang, bisa dicari referensi sendiri. Tetap semangat dalam berbagi ya pak!

    BalasHapus
  17. mas seumpama pakek virtual WPS ada isonya gak ya ??

    BalasHapus
  18. Mas saya punya wps 920 tapi saya lupa passwordnya bagaimana caranya mengganti passwordnya...trims

    BalasHapus
  19. Buy Ambien Online, Sleeping Disorders treatment.
    Ambien USA Pharmacy at Your service! Buy Ambien online with US-US delivery and express delivery.
    Zolpidem online available online available.
    Ambien is a sleep aid that promotes sound sleep throughout the night.
    if you want to buy ambian or know everything about ambian pills visit our blog page and
    CALL ourexpert for more details +18056098797.

    BalasHapus