Menterjemahkan

Selasa, 13 Agustus 2013

Mencetak Dokumen atau Foto dari Gadget Android ke Printer Wireless

Mempunyai Gadget Android serasa kurang lengkap apabila hanya digunakan untuk komunikasi multimedia, menyimpan dan membaca dokumen atau main game saja. Dengan adanya Printer wireless dengan harga yang relatif terjangkau, maka dokumen dan foto yang ada di Gadget Android kita bisa dicetak langsung ke Printer Wireless. 

Melalui Blog ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mencetak dokumen atau foto dari Gadget Android ke Printer Wireless. 

Saya menggunakan printer wireless HP LasetJet Professional P1102w dan Program aplikasi HP ePrint Home&Buz.apk. Program aplikasi ini bisa didownload di http://www.appsapk.com/hp-eprint-home-biz/

Untuk dapat mencetak dokumen atau foto dari Gadget Android ke Printer Wireles, Printer wireless harus terlebih dahulu diinstal untuk dapat digunakan didalam lingkungan jaringan Wireles (Infrastructure). Cara menginstalnya bisa dilihat di tulisan saya sebelumnya yaitu Menginstal Printer Wireless HP LaserJet Professional P1102w  di http://zainms.blogspot.com/2013/06/menginstal-printer-wireless-hp-laserjet.html, dan Program aplikasi HP ePrint Home&Buz.apk juga harus diinstal di Gadget Android. Disarankan Android versi 2.2 ke atas.

Untuk mencetak Foto atau dokumen, lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut :

Klik Shortcut HP ePrint Home&Buz


Untuk mencetak foto, klik Shortcut Photo Albums. Untuk mencetak dokumen, klik Shortcut Documents. Dalam tulisan ini disajikan contoh cara mencetak foto. Untuk ini, klik Shortcut Photo Albums


Klik Shortcut Gallery


Muncul beberapa foto. Pilih foto yang akan dicetak


Apabila kita ingin mencetak sesuai dengan ukuran defaultnya yaitu 4x6in/10x15cm, maka langsung klik tombol Print di sudut kanan bawah. 


Akan tetapi apabila kita ingin mencetak sesuai yang kita inginkan, maka kita lakukan print setup. Melakukan Print Setup bisa melalui dua jalan, yaitu yang pertama melalui tombol Print Setup di sudut kanan bawah layar sebelah kiri tombol Print, yaitu dengan klik tombol Print Setup.


Jalan Kedua yaitu melalui Menu di bagian kanan atas layar. Klik Menu


Klik Print Setup


Pada Printer, pilih jenis printer. Ada tiga printer online yang jenisnya sama, yaitu HP LaserJet Professional P 1102w, akan tetapi masing-masing mempunyai Host Name berbeda. Dalam contoh ini dipilih Printer HP LaserJet Professional P 1102w dengan Host Name dhcppc26 


Pada Paper Size, pilih misalnya A4 (210x297 mm)


Pada Image Size, pilih misalnya A4 (artinya ukuran foto sebesar ukuran kertasnya yaitu A4)


Pada Paper Type pilih Photo Paper apabila kita menggunakan kertas foto, dan pilih Plain Paper apabila kita menggunakan kertas biasa atau kertas HVS.


Pada Print Quality pilih Best apabila kita menginginkan hasil cetak terbaik


Pada Copies, secara default diberi angka 1. Apabila ingin mencetak lebih dari satu copy klik tombol + sebaliknya jika mengurangi klik tombol -.


Pada Paper Source pilih Automatic apabila ada lebih dari satu tray, atau Main tray apabila semua Tray siap, akan tetapi kertas untuk cetak foto ada di Tray utama.


Print Setup telah selesai, klik Back untuk kembali ke menu sebelumnya 


Klik tombol Print untuk mencetak


Hasil cetaknya seperti Gambar berikut


Selamat mencoba.


18 komentar:

  1. kalau pake printer canon mp250 bisa apa tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih LDNU Blora atas pertanyaannya.
      Printer Canon MP250 bukan printer WiFi. Jadi, tidak bisa digunakan untuk mencetak langsung tanpa kabel dari gadget android.

      Hapus
  2. kalau printer HP laserjet m2727 bisa apa tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak atas pertanyaannya.
      HP Laserjet M2727 ada kemungkinan bisa digunakan untuk mencetak atau bahkan scan gambar dari dan ke Gadget Android melalui WiFi (saya belum sempat mencobanya karena saya tidak memiliki printer tersebut).
      Caranya hubungkan HP Laserjet M2727 ke Wireless Modem Router menggunakan kabel LAN. Akan tetapi sebelumnya instal terlebih dahulu Printer HP Laserjet M2727 pada Jaringan menggunakan komputer/notebook.
      Apabila masih ada User Guide dan Setup CD lakukan instal menggunakan Setup CD dan ikuti petunjuknya di buku User Guide pada Sub-Bab "Install the product on a network" atau bisa didownload di :
      http://s3.amazonaws.com/szmanuals/2745f74a6b32d5027f2f2ead1111f2c8.
      Sub-Bab "Install the product on a network" ada di halaman 40-43.
      Apabila Printer sudah berhasil diinstal di Jaringan, lanjutkan download aplikasi Android HP All-In-One Remote di Play Store. HP All-In-One Remote bisa digunakan untuk Print dan Scan Gambar atau dokumen dari dan ke Gadget Android melalui WiFi.
      Demikian penjelasan saya, selamat mencoba, semoga berhasil.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih Mas Ngurah Oko atas pertanyaannya.
      Mohon maaf terlambat merespon karena saya belum pernah menggunakan printer MP280, sehingga saya butuh waktu luang yang cukup untuk mencari info. Setelah saya mempelajarinya ternyata printer MP280 ini bukan termasuk Printer Wireless sehingga tidak bisa digunakan untuk mencetak file dokumen atau file gambar dari gadget android tanpa kabel.
      Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. kalau printer Epson L355 bisa atau tidak Pak Zain..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyaannya.
      Epson L355 bisa digunakan untuk print gambar dan text dari iOS atau Android tanpa melalui kabel (wireless) menggunakan aplikasi Epson iPrint. Selain itu juga bisa scan gambar atau text dari iOS atau Android tanpa memalui kabel juga menggunakan aplikasi Epson iPrint.
      Untuk mengetahui gambaran mengenai scan gambar atau text dari Android tanpa melalui kabel, silakan baca juga tulisan saya berjudul : "Scan Dokumen atau Foto dari Gadget Android Tanpa Kabel" di blog ini juga :
      http://zainms.blogspot.com/2014/06/scan-dokumen-atau-foto-dari-gadget.html
      Demikian penjelasan saya, selamat mencoba, semoga berhasil.

      Hapus
  5. Tolong dong bantuan gimana cara cetak dari asus zenfone 4 ke printer laser brother HL-1211W

    BalasHapus
  6. Printer Hp Lasetjet P1102w..
    apakah sangat cocok untuk print foto/Gambar..
    kebanyakan yang di google printer tersebut hanya yg di bahas dokumen teks bukan berserta gambar

    BalasHapus
  7. untuk canon epson hp sekarang sudah bisa print via OTG di android
    tapi hanya printer tertentu

    BalasHapus
  8. Hp printer laserjet p1102 itu nyambung ke android pakai kabel usb dulu ngk ya?

    BalasHapus
  9. Hp printer laserjet p1102 itu nyambung ke android pakai kabel usb dulu ngk ya?

    BalasHapus
  10. kenapa app hp eprint home&buz nya tidak ada di playstore ya ?

    BalasHapus

  11. your article is extremely good. you can visit my website.https://prochserialkey.com/

    BalasHapus
  12. it is the best website for all of us. it provides all types of software which we need. you can visit this website.
    https://zsactivatorskey.com/

    BalasHapus