Menterjemahkan

Jumat, 11 Januari 2013

BELAJAR SENDIRI MAPINFO

MapInfo adalah program aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dikembangkan oleh MapInfo Corp. sejak tahun 1986. MapInfo mempunyai kemampuan memvisualisasikan dan menganalisa data secara geografis lebih cepat dan menyediakan informasi yang diperlukan didalam proses pengambilan keputusan.

Dalam pengelolaan Program Keluarga Berencana, terdapat instrumen-instrumen pengelolaan program yang dapat dikelola dengan mudah menggunakan program aplikasi MapInfo ini. Instrumen-instrumen tersebut antara lain : Sistem Pencatatan/Pelaporan yang lengkap dan uptodate, tenaga program yang sudah ada sampai di tingkat kelurahan,  sarana pelayanan dan kelompok-kelompok kegiatan, Institusi-institusi binaan Instansi/SKPD/UKPD Keluarga Berencana dan LSOM yang menjalin kerjasama dengan Instansi/SKPD/UKPD Keluarga Berencana. 

Dengan menggunakan MapInfo, instrumen-instrumen tersebut dapat divisualisasikan dalam satu peta kerja yang dapat dengan mudah dianalisa secara komprehensif untuk membantu mengambil keputusan/kebijakan yang akurat/adil dan populer, tepat sasaran sehingga segala upaya yang berkaitan dengan pengelolaan Program Keluarga Berencana tersebut dapat menghasilkan dampak program positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Untuk mendukung upaya tersebut, penulis yang mempunyai kemampuan  sedikit tentang MapInfo dan menerapkannya dalam Menyusun Perencanaan Program dan Anggaran serta evaluasinya selama 14 tahun ingin berbagi pengetahuan dan ketrampilan menggunakan Program Aplikasi Mapinfo ini kepada Pegawai Instansi/SKPD/UKPD Keluarga Berencana terutama untuk Pegawai Baru yang rata-rata sudah menguasai teknologi informasi.

Diharapkan, upaya tersebut dapat memperbaiki pengelolaan Program Keluarga Berencana yang akhir-akhir ini di media massa banyak diulas tentang kegagalan Program Keluarga Berencana.

TAHAPAN PEMETAAN PADA MAPINFO

Mempersiapkan MapInfo

Mempersiapkan program MapInfo dengan Tools dan Menu yang sesuai dengan kebutuhan pemetaan.


Menjalankan Program MapInfo



Mengatur Tools dan Menu



Mempersiapkan Gambar Peta

Mempersiapkan Gambar Peta berikut Koordinat dan Skalanya, sehingga memudahkan menggambarnya pada MapInfo.


Menyiapkan Gambar Peta


Membagi Skala


Membuat Skala pada Peta


Membuat Peta

Peta yang kita buat ada dua macam, yaitu Peta Wilayah dan Facility. Peta Wilayah merupakan area atau kumpulan area yang mempunyai batas-batas tepi yang jelas, dan setiap area mempunyai identitas dan variabel-variabel sesuai yang kita inginkan, contoh : peta Kecamatan, Peta Kelurahan, dan lain-lain. Sedangkan Facility merupakan prasarana dan sarana yang terdapat pada suatu area dengan posisi yang jelas. Selain itu masing-masing juga mempunyai identitas dan variabel-variabel sesuai yang kita inginkan, contoh : peta Puskesmas, peta Jalan, peta Perkantoran, dan lain-lain.
  • Peta Wilayah
Menggambar peta wilayah pada MapInfo sesuai dengan gambar peta yang telah kita siapkan.


Menentukan Koordinat


Konversi Koordinat


Menyiapkan Grid


Mengatur Grid


Menggambar Peta Wilayah 1


Menggambar Peta Wilayah 2


Menggambar Peta Kepulauan


Menyempurnakan Peta


Menambah Variabel


Menghapus Variabel


Mengubah Urutan Variabel


  • Facility
Membuat peta Facility sesuai dengan data facility yang ada.


Membuat Peta Facility


Entri Data

Memasukkan data pada Peta Wilayah atau Peta Facility.


Entri Data




Peta Tematik dan WorkSpace

Peta Tematik adalah peta yang memperlihatkan karakteristik Wilayah atau Facility sesuai dengan data dan variabel yang ada padanya. Contoh : peta Jumlah Pasangan Usia Subur per Kelurahan, peta Wilayah Kerja Penyuluh KB. Sedangkan WorkSpace adalah hasil pembuatan peta tematik yang disimpan kedalam file WorkSpace agar dapat diakses dengan cepat sesuai judul peta tematik yang telah kita buat.


Membuka file Tabel atau Peta


Menampilkan Skala dan Arah Mata Angin


Memunculkan Label pada Peta


Mengatur Label


Mengganti Label


Memberi Keterangan pada Peta


Peta Tematik-Variabel Tunggal


Peta Tematik-Variabel Ganda


Grafik pada Peta




PEMANFAATAN HASIL PEMETAAN

Presentasi Interaktif

Mempresentasikan secara langsung peta tematik dengan cara menganalisisnya sesuai sistematika dan pola pikir analitis kritis dalam rangka analisis situasi dan merumuskan solusi secara bersama-sama dalam waktu yang relatif singkat baik untuk situasi mendesak maupun perencanaan jangka panjang.


Analisis Peta Facility-Penyuluh Keluarga Berencana


Analisis Peta Wilayah-Peserta KB Aktif Per Pasangan Usia Subur


Query Facility-Posyandu


Query Facility-Penyuluh Keluarga Berencana

video

Query-Mencari Wilayah

video

Info Tool


Select dan Statistic


Jarak antar Lokasi


Clip Region


Membuat Grafik



Simpan Peta ke File Bitmap

Gambar Bitmap tersusun dari kumpulan titik-titik sehingga kualitasnya sangat dipengaruhi oleh resolusi. Contoh : gambar dari foto digital, scaner. Sedangkan pada gambar Vector, garis-garisnya merupakan produk rumus matematis, sehingga kualitas gambarnya tidak terpengaruh perubahan resolusi. Contoh : gambar peta pada MapInfo. 
Agar gambar peta dapat ditayangkan pada PowerPoint, Halaman Web, atau dimasukkan ke dokumen MS Word untuk analisis dan dicetak ke printer, maka perlu terlebih dahulu disimpan kedalam bentuk file Bitmap. Untuk bahan presentasi di layar komputer (desktop) dan halaman Web, digunakan resolusi 96 dpi, sedangkan untuk dicetak ke printer DeskJet, LaserJet atau dalam bentuk Cetak Foto (Fuji/Kodak), digunakan resolusi 300 dpi keatas.

Membuka File WorkSpace


Menjalankan Photoshop


Mengatur Menu Photoshop


Edit Peta dengan Photoshop


Menyiapkan Peta untuk Desktop


Menyiapkan Peta untuk Dicetak



Peta untuk Presentasi

Memasukkan gambar peta kedalam program PowerPoint.


Insert Peta ke PowerPoint



Peta untuk Dicetak

Memasukkan gambar peta kedalam dokumen Word untuk dicetak ke printer DeskJet atau LaserJet.


Insert Peta kedalam Text




TINDAKLANJUT

Membuat Peta RW

Peta wilayah administratif terendah yang selesai kita buat baru pada tingkat Kelurahan. Padahal wilayah administratif garapan program KB terendah adalah RT. Untuk itu sebagai tindaklanjut program pemetaan wilayah administratif ini adalah membuat Peta RW dan Peta RT. Sedangkan Peta Facility yang selesai dibuat adalah Posyandu. Padahal sasaran Individu Program KB adalah Keluarga. 
Untuk  itu  sebagai tindaklanjut  program pemetaan Facility  adalah  membuat peta Kepala Keluarga.


Membuat Peta RW


Menyempurnakan Peta RW

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan peta terlebih dahulu dibuat sketsa untuk masing-masing wilayah. Setelah selesai semuanya baru dilakukan penyempurnaan sehingga diperoleh peta wilayah yang akurat.


Menyempurnakan Peta RW


Demikian sedikit uraian tentang Belajar Sendiri Mapinfo, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar